jump to navigation

KHUTHBATUL WADA’ Khutbah terakhir Nabi saw 7 Juni 2010

Posted by yopie noor in Fiqih.
Tags: , , , ,
trackback

Wahai manusia!
Dengarkan kataku ini, aku akan jelaskan kepadamu sekalian. Sesungguhnya aku tak tahu apakah aku akan bertemu lagi denganmu sesudah tahun ini, di tempat perhentian ini.

Wahai manusia!
Sesungguhnya Allah telah mengharamkan atas kamu darah sesamamu dan harta sesamamu sampai kamu bertemu dengan Rabb-mu seperti haramnya bulan ini.

Wahai manusia‏‎!
Sesungguhnya kamu akan berjumpa dengan Rabb-mu dan akan ditanya mengenai segala perbuatanmu.

Ya Allah saksikanlah!
Barangsiapa yang memegang amanat tunaikanlah. Sesungguhnya riba jahiliyah telah dihapuskan dan semua peninggalan jahiliyah telah dihapuskan. Setiap pembunuhan ada balasannya.

Wahai manusia!
Sesungguhnya syetan telah berputus asa akan terus disembah di negerimu ini akan tetapi sesungguhnya dia cukup puas dengan ditaati dalam hal-hal lain yakni dalam perbuatan yang kamu sebenarnya tidak menyukainya. Berhati-hatilah terhadap tipu daya yang akan merugikan agamamu.

Wahai manusia!
Bahwasanya isteri-isterimu mempunyai hak atas kamu dan kamupun mempunyai hak atas mereka.

Wahai manusia!
Sesungguhnya Rabb-mu itu satu. Sesungguhnya ayahmu itu satu. Kamu semua berasal dari Adam dan Adam dari tanah. Yang paling mulia disisi Allah adalah dia yang bertaqwa. Tak ada kelebihan antara bangsa Arab dan bukan bangsa Arab kecuali karena taqwanya.

Wahai manusia!
Sesungguhnya mu’minin itu bersaudara. Maka janganlah, sesudahku nanti, kamu kembali menjadi kafir, saling bermusuhan dan berbunuhan.

Wahai manusia!
Camkanlah perkataanku ini. Sesungguhnya telah kusampaikan kepada kamu sekalian. Aku telah tinggalkan untuk kamu semua sesuatu yang bila kamu berpegang teguh padanya pasti kamu tidak akan tersesat selamanya, yakni sesuatu yang terang dan nyata, yaitu Kitabullah dan Sunnah Nabi-Nya. Kamu akan ditanya mengenai aku, maka apakah yang akan kamu katakan? (para sahabat menjawab:) Allahumma! Kami bersaksi bahwa sesungguhnya engkau telah sampaikan risalahmu, sudah engkau tunaikan tugasmu dan telah engkau laksanakan dengan sungguh-sungguh.

Allahummasy-had, Allahummasy-had, saksikanlah, saksikanlah ya Rabb!

Maka bagi siapa saja yang hadir pada hari ini menyampaikan kepada yang tidak hadir. Semoga yang menyampaikan akan lebih dalam perhatiannya daripada yang mendengarkannya.

Demikianlah sebagian khutbah terakhir Nabi saw yang diucapkan pada haji perpisahan tanggal 9 Dzul Hijjah tahun 10 H. Khutbah yang berisi pokok-pokok ajaran Islam. Semoga menjadi perhatian kita.

Komentar»

No comments yet — be the first.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: