jump to navigation

Kronologi Raja-raja Palestina, Bukti Israel Tidak Punya Hak Historis 9 Juni 2010

Posted by yopie noor in Tarikh.
Tags: , , ,
trackback

Secara kronologis, beberapa kekuasaan yang pernah mendominasi di tanah Palestina dapat disusun sebagai berikut:

Sebelum Masehi.
1600 – 1200 sM, tanah Palestina berada dibawah dominasi Mesir.
1200 – 1028 sM, Josua memimpin bani Israel merebut Palestina.
1028 – 1013 sM, Saud menjadi raja di Palestina.
1013 – 973 sM, Nabi Daud as menjadi raja di Palestina.
973 – 933 sM, Nabi Sulaiman as menjadi raja di Palestina, sepeninggalnya kerajaan terpecah menjadi dua, dibawah kendali kedua putranya, kerajaan Israel dan kerajaan Judea.
933 – 722 sM, kerajaan Israel berada dalam wilayah Galilea.
722 sM, kerajaan Israel ditaklukkan kerajaan Sargon dari Assyria, mengangkut 10 suku Israel sebagai tawanan yang nasibnya tidak diketahui sampai sekarang.
933 – 586 sM, kerajaan Judea berada dalam wilayah Jerusalem.
586 sM, kerajaan Judea ditaklukkan raja Nebukhadnezar dari Babilonia,mengangkut 2 suku Israel sebagai tawanan, menghancurkan Jerusalem dan Bait Allah.
586 – 538 sM, dibawah taklukan Babilonia.
538 sM, Babilonia dan Palestina ditaklukkan Cyrus the Great dari dinasti Achaemenids (Persia), membebaskan 2 suku Israel dari tawanan dan mengizinkan pulang ke Jerusalem, membantu pembangunan kembali Bait Allah (Solomon’s Temple) di dataran tinggi Zion yang sebelumnya dihancurkan Nebukhadnezar.
538 – 332 sM, dibawah taklukan dinasti Achaemenidz.
332 – 323 sM, dibawah taklukan Macedonia (Greek).
323 – 198 sM, dibawah kekuasaan dinasti Ptolemi (Mesir/ Greek)
198 – 168 sM, dibawah kekuasaan dinasti Seleucids (Greek).
168 – 63 sM, kerajaan Makkabi, kekuasaan nasional Yahudi.
63 sM – 636 M. dibawah penaklukan imperium Romawi..

Sesudah Masehi:
65 – 75 M
, pemberontakan total pihak Yahudi di Palestina, panglima Titus menghancurkan Bait Allah di dataran Zion tahun 70 M, menghalau bangsa Yahudi keluar dari tanah Palestina, dan terjadilah sejarah GREAT DIASPORA (Bercerai-berai tanpa tanah air).
137 M, pemberontakan Bar-Kocheba di Palestina, setelah orang Yahudi berangsur-angsur masuk kembali lalu dibasmi secara total oleh pihak imperium Romawi.
636 – 1916 M, dibawah kekuasaan Daulah Islamiyah (kekhalifahan)..
1916 – 1948 M, dibawah kekuasaan Inggris.
1948 M, awal berdirinya negara Israel.
(Sumber: Agama-agama Besar di Dunia, Joesoef Sou’yb).


Dari kenyataan sejarah yang menyangkut Palestina, adalah tidak mungkin untuk mengklaim adanya hak historis bagi Israel sebagai pemukim pertama. Karena jauh sebelum itu, orang Yahudi hanya merupakan salah satu unsur diantara sekian banyak pemukim di Palestina. Dengan begitu, mereka pada hakekatnya tidak memiliki landasan sejarah yang sah untuk menuntut suatu daerah khusus. Sebab ketika mereka tiba di Palestina baik lewat imigrasi, penetrasi atau penaklukan, sebenarnya hanyalah satu dari sekian banyak penakluk yang terdiri dari beberapa bangsa, diantaranya Mesir, Hitti, Babilonia, Yunani, Persia, Romawi, Arab, Turki dan Inggris.

Menurut Roger Garaudy, orang-orang Yahudi memainkan peranan penting hanya seperti diuraikan dibawah ini:
1. Pendudukan Kanaan oleh suku-suku dimasa Josua.
2. Tujuh puluh tiga tahun masa pemerintahan Nabi Daud as dan Nabi Sulaiman as.
3. Pengasingan ke Babilonia dan kemudian upaya untuk kembali.
4. Dan akhirnya revolusi tahun 66 – 70 M dan 132 – 135 M dalam melawan kekuasaan Romawi.
(Israel dan Praktek-praktek Zionisme, Roger Garaudy)

Kalau kita pakai catatan kronologis, maka dari sekian banyak migrasi hanya migrasi suku Ibrani; dari sekian banyak kerajaan hanya kerajaan Nabi Daud as, Nabi Sulaiman as dan kedua putranya, serta negara kerajaan Makkabi; dan diantara sekian banyak revolusi, hanya revolusi yang dipimpin Bar-Kocheba; yang benar-benar hak historis bagi Israel. Tetapi Theodor Herzl dan kelompoknya sebagai pencetus gerakan Zionisme politik mencoba memanipulasi sejarah secara sistematis seraya mengajukan fakta-fakta yang tidak representatif, sebagaimana yang ditulis untuk buku pelajaran anak-anak sekolah di Israel yang sebenarnya merupakan bagian dari propaganda yang ditujukan kepada dunia luar untuk mengungkap sejarah Palestina hanya bagian-bagian tertentu saja. Sejarah tentang Palestina dihapuskan paling tidak selama hampir dua ribu tahun, yaitu sejak millenium ketiga hingga kedatangan orang-orang Ibrani, seolah-olah dikawasan tersebut dianggap tidak terjadi sesuatupun, juga sejak revolusi Bar-Khoceba di tahun 135 M hingga terbentuknya Jewish National Home tahun 1948.

Negara Israel yang sering disebut oleh tokoh-tokoh Zionisme sesungguhnya tegak diatas ideologi yang keliru serta di topang oleh serangkaian tindak kejahatan dan terorisme yang pada hakekatnya tidak lagi memiliki watak yang suci warisan Nabi-nabi mereka. Tindak kejahatan anak cucu Yakub yang telah melewati batas, memaksa Nabi-nabi Israel mengutuknya.

“Baiklah dengarkan ini, hai para kepala kaum Yakub, dan para pemimpin kaum Israel!. Hai kamu yang muak terhadap keadilan, dan yang membengkok segala yang lurus, hai kamu yang mendirikan Zion dengan darah dan Jerusalem dengan kelaliman!. Para kepalanya memutuskan hukum karena suap, dan para imamnya memberi pengajaran karena bayaran, para nabinya menenung karena uang, padahal mereka bersandar kepada Tuhan dengan berkata: Bukankah Tuhan ada di tengah-tengah kita! Tidak akan malapetaka menimpa kita! Sebab itu oleh karena kamu maka Zion akan dibajak seperti ladang, dan Jerusalem akan menjadi timbunan puing-puing dan gunung. Bait Suci akan menjadi bukit yang berhutan”. (Mikhael 3: 9-12)

dari: Menggugat Tanah Perjanjian Tuhan, oleh Choiyin.

Komentar»

1. masamudamasakritis - 25 Juni 2010

wallahi….lemahnya israel bagaikan rumah laba-laba, yg dengan mudah kita menghancurkannya. save palestina..!! wallahi billahi kejam \nya israel…..sumpah kalau kita diam atas semua ini, maka tak ada bedanya kita ama hewan yg paling hina diantara hewan yang lainnya, dan bahkan lebih hina…g masuk akal tindakan israel terhadap palestina.
kami juga nulis artikel tentang palestina. judulnya “aku anak palestina” liat aja di sini lngng klik aja
http://masamudamasakritis.wordpress.com/
jgn lupa tinggalkan komentar juga ya…!!

yopienoor - 25 Juni 2010

Israel itu pada dasarnya memang penakut. Beraninya cuma pake pesawat, kalau perang darat mereka pasti nggak punya nyali.


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: