jump to navigation

HAMAS, Sayap Ikhwanul-Muslimin Penerus Salafush-Shalih. 17 Juni 2010

Posted by yopie noor in Muslim Dunia.
Tags: , , , , , , ,
trackback

Tanpa ruh,
tangan tak dapat bergerak,
kaki tak dapat berjalan,
mata tak dapat melihat
dan telinga tak mendengar,
dan jasad tanpa ruh,
tak bermakna.


Di bawah ini kami sampaikan Deklarasi Intifadah, yang menjadi “Ruh” gerakan perlawanan rakyat Palestina terhadap rezim Zionis.

Ketika fikrah telah datang, ketika benih telah tumbuh, lalu akar pun telah menghujam ke lubuk bumi.

PENJELASAN TENTANG GERAKAN.

Madah Pertama.
Gerakan Perlawanan Islam (Hamas): Islam adalah manhaj-nya; sumber pemikiran, pemahaman dan konsepsinya mengenai alam, kehidupan dan manusia. Islam-lah yang menentukan dan menuntun seluruh tindakan dan langkah Gerakan ini.

Madah Kedua.
Gerakan Perlawanan Islam adalah salah satu sayap dari sayap-sayap Ikhwanul Muslimin di Palestina. Gerakan Ikhwanul Muslimin adalah suatu tanzhim (struktur) Internasional di samping merupakan gerakan Islam terbesar di masa sekarang. Keutamaan gerakan Ikhwan, ialah gerakan ini memiliki pemahaman yang mendalam dan konsepsi yang sangat rinci dan menyeluruh; meliputi segenap ajaran Islam tentang seluruh aspek kehidupan; menyangkut tashawwur dan i’tiqad, politik dan ekonomi, tarbiah dan sosial, peradilan dan pemerintahan, da’wah dan pendidikan, seni dan mass media, masalah ghaib dan nyata, dan seluruh aspek kehidupan lainnya.

Madah Ketiga.
Struktur utama dari Gerakan Perlawanan Islam terdiri atas kaum Muslimin yang telah menyerahkan wala’ (loyalitas)-nya kepada Allah. Kemudian beribadah kepada-Nya secara benar.
Dan tidaklah Aku ciptakan jin dan manusia kecuali untuk beribadah kepada-Ku.
(QS. al-Dzariyat: 56).
Juga mereka yang telah mengetahui kewajibannya terhadap diri, keluarga dan negerinya. Kemudian bertaqwa kepada Allah dalam kesemuanya itu, serta mengibarkan panji jihad dihadapan para tiran, untuk membebaskan negeri dan penduduknya dari kenistaan, kejahatan dan najis mereka.

Bahkan Kami melontarkan yang haq kepada yang bathil, lalu yang haq itu melumatkannya, maka dengan serta merta yang bathil itu lenyap.
(QS. al-Anbiya: 18).

Madah Keempat.
Gerakan perlawanan Islam menyambut setiap Muslim yang telah meyakini aqidahnya, kommit terhadap manhaj-nya, menjaga rahasia-rahasianya, dan ingin bergabung ke dalam barisan-barisannya untuk menunaikan kewajiban. Kemudian pahalanya terserah kepada Allah.

Madah Kelima.
Dimensi waktu Gerakan Perlawanan Islam: Dengan menjadikan Islam sebagai manhaj kehidupannya, maka gerakan ini merupakan kelanjutan dari Risalah Islamiah yang pertama dan para Shalafush Shalih; Allah tujuannya, Rasulullah saw qudwahnya, dan al-Qur’an dustur (undang-undang)-nya. Dimensi waktu Gerakan Perlawanan Islam: Meliputi segenap kaum Muslimin yang telah menjadikan Islam sebagai manhaj kehidupannya, dimana saja mereka berada. Dengan demikian gerakan ini berakar ke lubuk bumi dan menjulang tinggi menggapai langit.

Demikianlah uraian lima dari beberapa madah Deklarasi Intifadah yang kami nukil dari Majalah al-Muslimun nomor 234, Shafar 1410 H/ September 1989.

Komentar»

No comments yet — be the first.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: