jump to navigation

Menghukum Bukan Dengan Hukum Allah 26 Juni 2010

Posted by yopie noor in Fiqih.
Tags: , , , , ,
trackback

Soal: Apakah hukumnya orang Islam (yang berkuasa pada satu pengadilan), dan oleh pemerintah itu ia diberi kuasa menghukum menurut agama Islam, tetapi dia tidak menghukum menurut aturan Islam, padahal yang di hukum itu orang Islam juga?

Jawab: Menurut ayat-ayat al-Qur’an, seorang yang tidak menghukum sebagaimana aturan Allah, maka dikatakan oleh Allah dengan:

Pertama:

ومن لم يحكم بماانزل الله فاولئك هم الفاسقون ‏‎

artinya: Dan barangsiapa tidak menghukum dengan (hukuman) yang diturunkan oleh Allah, maka mereka itulah orang-orang yang fasik. (QS. al-Maidah: 47).

Keterangan:
Kalau ia menghukum dengan kebodohannya, yakni dengan tidak tahu kalau ia tidak boleh menjalankan yang lain daripada hukum Allah, maka orang yang demikian itu dikatakan fasik, yaitu tidak menurut perintah Allah. Orang ini berdosa lantaran tidak belajar hukum-hukum Allah yang wajib ia pelajari.

Kedua:

ومن لم يحكم بماانزل الله فاولئك هم الظالمون ‏ ‏‎

artinya: Dan barangsiapa tidak menghukum dengan (hukuman) yang diturunkan Allah, maka mereka itulah orang-orang yang zhalim. (QS. al-Maidah: 45).

keterangan:
kalau ia menghukum dengan sengaja serta mengaku di dalam hatinya kesalahan hukum yang bukan dari Allah, maka orang ini dinamakan zhalim, penganiaya, karena ia menganiaya orang lain dengan menjatuhkan hukum yang bukan disukai oleh Allah, dan juga menganiaya dirinya lantaran durhaka kepada Allah dengan menjalankan hukum yang tidak disukai oleh Allah.

ومن لم يحكم بماانزل الله فاولئك هم الكافرون ‏‎

Ketiga:

artinya: Dan barangsiapa yang tidak menghukum dengan (hukuman) yang diturunkan Allah, maka mereka itulah orang-orang yang kafir. (QS. al-Maidah: 44).

Keterangan:
Kalau ia menghukum dengan sengaja serta merasa hukum ini ada lebih baik daripada hukum Allah, maka orang ini tidak syak lagi tentang kufurnya.

referensi: Soal-Jawab 1 hal. 389, A. Hassan.

Komentar»

No comments yet — be the first.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: