jump to navigation

Penegasan MUI Pusat: Infotainment Tidak Haram, Yang Haram Ghibah 5 Agustus 2010

Posted by yopie noor in umum.
Tags: , , , ,
trackback

Majelis Ulama Indonesia (MUI) menegaskan tidak pernah mengeluarkan fatwa yang mengharamkan infotainment. Fatwa MUI yang sebenarnya adalah, infotainment itu tidak haram. Berita yang beredar dinilai telah dipelintir.

Hal tersebut dikatakan oleh Wakil Ketua Umum MUI Din Syamsudin di kantor PP Muhammadyah, di Jalan Menteng Raya, Jakarta Pusat, Kamis (5/8/2010). Din juga menerima para petinggi infotainment, Ilham Bintang dan pengurus PWI Mara Sakti Siregar di kantornya.

“Saya selaku Wakil Ketua Umum MUI menegaskan tidak ada pengharaman untuk infotainment, yang ada adalah konten berita atau materi berita yang sifatnya fitnah atau sesuatu yang sifatnya membuka aib orang lain. Dengan artian itu ada fakta, tapi kalau diberitakan akan membuat perasaan tidak enak atau menyakitkan kepada yang diberitakan atau keluarganya. Kita larang itu, itu namanya gibah,” tegas Din.

Adanya anggapan kalau infotainment itu haram, menurut Din, akibat beberapa media melakukan pemelintiran beritanya. “Ya itu pemelintiran berita. Fatwa tidak bilang infotainment haram, tapi hanya konten-kontennya saja yang dibatasi, seperti gosip dan gibah,’ jelas Din.

Jadi, Din mengimbau kepada para wartawan infotainment jangan panik. “Kita harapkan media infotainment dan para pekerjanya tidak perlu khawatir dalam bekerja. Selama tidak memberitakan yang saya sebut itu, ya tidak haram,” pungkas Din.

sumber: detikHot

Komentar»

No comments yet — be the first.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: