jump to navigation

Allah Tidak Adil – Laki laki Di Sorga Mendapat Bidadari, Perempuan Dapat Apa? 22 September 2010

Posted by yopie noor in Fiqih.
Tags: , , , , , ,
trackback

Soal:
Ada yang berkata Allah tidak adil, sebab orang laki-laki yang beramal shalih mendapat bidadari dalam sorga, sedang perempuan yang beramal shalih tidak mendapat bidadari, karena bidadari itu bersifat perempuan. Apakah bidadari itu sebagai pelayan saja?

Jawab:
Kalau yang berkata itu seorang guru yang bukan Muslim, kepada murid-muridnya yang beragama islam -sebagaimana acapkali terjadi dalam beberapa sekolah- boleh kita pastikan bahwa guru itu bermaksud meragu-ragukan fikiran anak muridnya. Dengan demikian, si guru itu mengharapkan supaya murid-muridnya menjauhkan diri dari Agamanya, atau meninggalkannya sama sekali.

Cara tidak jujur ini, hendaklah disadari oleh pelajar-pelajar yang mengaku dirinya beragama Islam.

Kalau yang berkata demikian itu orang yang memang belum tahu atau terpengaruh dari yang diragu-ragukan itu, dapat juga kita maafkan sekedarnya.

Mari kita ikuti keterangan Islam dalam soal tersebut:

Di antara beberapa ayat Qur’an, Allah berfirman:

من عمل صالحا من ذلراوانثى وهومؤمن فاولئك يدخلون الجنةيرزقون فيهابغيرحساب

artinya: “barangsiapa berbuat amal shalih (baik) laki-laki atau perempuan padahal ia beriman, maka mereka akan masuk sorga dimana mereka diberi pemberian dengan tidak berhitung”. (QS al-Mu’min 40).

Ayat ini dengan tegas menyatakan bahwa sebagaimana laki-laki, perempuan yang shalih juga akan mendapat ganjaran dari Allah.

Bagaimana bentuk ganjaran yang hendak Allah berikan kepada laki-laki dan perempuan itu, tidak diterangkan seluruhnya, hanya kepada kaum laki-laki Allah berfirman:

ولهم فيهاازواج مطهرة ‏

artinya: “Dan bagi mereka, dalam sorga, ada jodoh-jodoh yang suci bersih”. (QS al-Baqarah 25).

“Jodoh-jodoh” disini maksudnya: isteri-isteri.

Dilain ayat, Allah berfirman:

وزوجناهم لجورعين

artinya: “dan Kami jodohkan mereka dengan hur’ien”. (ad-Dukhan 54).

“Hur” artinya: yang putih matanya betul-betul dan hitamnya betul-betul.

“ien” artinya: yang luas matanya.

Maksudnya: Perempuan-perempuan yang bermata luas, yang putih matanya sangat dan hitamnya pun sangat. Perempuan demikian ini sering orang namakan “bidadari” saja.

Kata-kata “bidadari” itu asalnya dari bahasa sanskerta yang maknanya: “gadis kahyangan”.

Untuk kaum perempuan tidak ditegaskan bentuk apa yang mereka akan dapati.

Maka, kalau sebagian dari ganjaran laki-laki Allah terangkan seperti tersebut diatas, sedangkan untuk perempuan Allah tidak nyatakan, ini tidak memberi arti bahwa perempuan itu tidak akan mendapat apa-apa. Cara demikian bukan “tidak adil” namanya, hanya tidak diterangkan saja.

Kita boleh berkata tidak adil, kalau kepada kaum perempuan itu tidak diberi ganjaran, tetapi menurut surah al-Mu’min tadi nyata bahwa perempuan juga mendapat balasan yang tidak berhitung, yang sesuai dengan mereka nanti.

Kalau perempuan nanti perlu kepada “bidodoro” (kita artikan “jaka kahyangan”), tentu mereka bisa dapat. Tetapi kalau mereka tidak suka kepada “bidodoro” itu, tentu mereka dapat mencari yang lain yang sesuai dengan keinginannya.

Bandingkan dalam masalah tersebut.

Dalam suatu perlombaan ditetapkan bahwa yang menang akan diberi hadiah. Yang menang itu ada 5 orang, masing-masing mendapat No. 1, 2, 3, 4 dan 5, umpamanya. Lalu panitia perlombaan hanya menyatakan bahwa pemenang No. 1 dan No. 2 umpamanya diberi hadiah mesin tulis dan sepeda. Apakah ucapan panitia itu menunjukkan bahwa pemenang No. 3, 4 dan 5 itu tidak mendapat hadiah? Tentu tidak! Pemenang urutan No. 3, 4 dan 5 itu akan mendapat hadiah juga yang patut menurut nomornya masing-masing.

Demikian juga hal “bidadari” tadi.

al-Ustadz Abdul Qadir H.

Komentar»

1. Abdi - 2 November 2010

woi abdul qadir ati-ati li jangan asal ceplak, kurang kerjaan lu.


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: